Home » , , » KESEMPURNAAN NIKMAT DARI ALLAH

KESEMPURNAAN NIKMAT DARI ALLAH

*_Termasuk kesempurnaan nikmat dari Allah untukmu adalah rasa cukup pada saat Allah memberi ataupun menahan sesuatu darimu._*
nikmat rasa cukup, merasa cukup, hikam,kajian hikam, hotel grasia semarang, grasia, hotel syariah garsia, hotel syariah di semarang, kang riyadh, ustad riyadh, pesantren doaku, pengasuh pesantren doaku, al hikam semarang,
Allah memberikan kita banyak nikmat. Nikmat sehat, waktu luang, harta, dan lain-lain. Namun, nikmat tersebut belumlah sempurna jika kita selalu merasa kurang atas apa yang telah Allah berikan kepada kita. Sebab, kesempurnaan nikmat yang hakiki adalah saat kita merasa cukup. Cukup atas apa yang Allah beri maupun atas apa yang Allah tahan dari kita.

Apabila kita telah meyakini bahwa segala sesuatu telah diatur dan ditetapkan oleh Allah, dan hasil yang akan kita peroleh sebagai balasan dari ikhtiar kita tidak akan melebihi apa yang telah ditakdirkan Allah kepada kita, maka kita akan selalu merasa cukup.

Sehingga, saat kita berlimpah rezeki, kita tak akan lalai. Sebaliknya, saat rezeki itu ditahan oleh Allah, kita tidak akan kecewa.

Sebagai contoh, ada seorang anak petani di sebuah desa. Hidupnya jauh dari kemewahan. Namun, ia sudah merasa sangat bahagia saat orang tuanya mengajaknya bermain di sawah karena Allah telah menanamkan di dalam hati anak tersebut rasa cukup. Sebaliknya, di sebuah kota, seorang anak terbiasa hidup dengan kemewahan. Walaupun orang tuanya telah membelikannya banyak mainan mewah, karena di dalam hatinya tidak ada rasa cukup, ia tetap menangis dan masih meminta dibelikan mainan lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa seberapapun banyaknya nikmat yang telah Allah beri tak akan berarti jika tidak ada rasa cukup di hati.

Ketika kita meminta sesuatu kepada Allah, memintalah sebanyak-banyaknya. Namun, mintalah juga agar Allah memberikan rasa cukup atas sesuatu yang ditakdirkan Allah untuk kita.

Mintalah harta sebanyak-banyaknya. Tapi, jangan lupa minta juga rasa cukup atas harta yang telah Allah berikan kepada kita. Sebab, sebanyak apapun harta kita, tanpa adanya rasa cukup di hati kita, akan selalu kurang rasanya.

Mintalah jodoh dengan berbagai kriteria. Tapi, jangan lupa minta juga rasa cukup atas jodoh yang nanti Allah takdirkan untuk kita. Sebab, sesempurna apapun jodoh kita, jika tidak ada rasa cukup di hati kita, akan selalu terlihat kekurangannya.


Ustadz Riyadh Ahmad
*Resume Kajian Hikam*
Senin, 3 April 2017

YUUK Ikuti kajian hikam
Setiap Senin pkl. 19.00 - selesai
Di masjid Hotel Grasia Semarang

0 komentar:

Posting Komentar