Home » » PONDASI BISNIS

PONDASI BISNIS

Perkenalkan nama sy Awam Pribadi, yang saat ini  disibukkan dengan beragam bisnis. Terakhir, bisnis malindo kutoarjo yang dimulai pada tahun 2015. Oke langsung saja ke daging eh materi ya gan..

*Bismillahirrohmanirrohim, semoga bermanfaat*
pondasi business, bisnis, tip bisnis, sukses bisnis, pebisnis indonesia, komunitsa pengusaha muda
beberapa pondasi bisnis
Diantaranya pentingnya personal goal setting, mentor bisnis, lingkungan yg mendukung, jiwa pelayanan yg baik, solving problem, cashflow dll. Supaya lebih mudah dipahami, akan sy sampaikan dlm bentuk cerita. Tahun 2002, masih sangat jarang ada mahasiswa yg nyambi usaha atau jualan. walaupun ada, msh bisa dihitung dengan jari. Dan salah satunya saya.

Beruntung, sy dilahirkan dari orang tua yg berprofesi pegawai negeri dan pengusaha. Bapak sy  menjadi lurah di 3 desa, Ibu menjadi guru tk

Beliau berdua juga mejalankan usaha genteng sokka dengan merk malindo. Dari situ saya bisa membayangkan profesi apa yang terbaik bagi sy kedepannya. Semenjak kuliah, disaat teman2 lain hanya memikirkan urusan kuliah dan sekre, sy sudah memantapkan diri menjadi pengusaha.

Sy sdh bisa berpikir, kira2 produk apa ya yg bs dijual di lingkungan kuliah. Ketika aktif fitnes, sy melihat peluang bahwa sebagian teman2 fitnes butuh asupan protein tinggi.
Tp pd saat itu konsumsi ayam dan daging2 lainnya msh sangat wah.  
Jadi sy berinisiatif mengambil sisa putih telor dari tempat2 penjual jamu, berbekal panci bodol punya temen tetangga kontrakan, putih telor sy plastiki pakai bungkus es lilin kemudian sy titipkan ke tempat2 fitnes. Sy jual 1000 per plastik, 200 nya buat pemilik tempat. Alhmdlh, krn harganya yg murah dan memang waktu itu sgt dibutuhkan, produk lgs ludes.

Kembali ke perihal keluarga,
Sy sangat beruntung krn bapak dan ibu mendidik sy dgn sangat keras dan benar. Tidak hanya dr nasehat, beliau berdua memang benar2 mengajar dgn tindakan. Dari bapak, sy belajar karakter tegas, momong, legowo, sosial, dan pelayanan. Dari ibu sy belajar pentingnya cashflow, presistance, nyemplung dlm usahanya dsb. Hampir setiap bertemu dengan temannya bapak, kalimat dan kesan positif tertangkap dr pembicaraannya..
Mulai dr keberanian bapak, dermawannya, adilnya, ataupun jiwa tidak perhitungan dlm menolong orang.

Bapak selalu membebaskan sy dlm bertindak selama benar dan sebaliknya harus bertanggung jawab setiap sy melakukan kesalahan. Begitupun dengan ibu,
Setiap ada yg kesusahan beliau selalu berusaha membantu..
Dlm hal keuanganpun beliau sangat gesit.
Hampir bs dipastikan pengeluaran keluarga terbagi dlm 3 pos besar
1. Menolong orang (sedekah, dll)
2. Kebutuhan keluarga yg sangat pokok
3. Buat muter usahanya lg (beli mesin, truk, pabrik dll)

Dalam hal bisnis, beliau adl wanita yg sangat kuat, Beliau terjun langsung kedalam usahanya. Kesawah, ke pabrik, ke tobong, berdiskusi dan ngawasi pegawai adl keseharian beliau stlh selesai mengajar. Pd saat pembakaran pun beliau selalu memantau pegawainya, setiap jam 12 malam beliau ke tobong sambil membawa makanan kecil sembari ngobrol. Dari situ, permasalahan bs langsung segera diketahui dan tertangani.
Kualitas sangat beliau jaga, mulai dr pemilihan bahan baku, mesin2 diusahakan yg terbaik.
Klo kw1 betul2 kw1
Sampe beliau pernah berserikeras krn ketika orang muntilan yg taunya doreng adl kw 1 dikasih pengertian tetep ga mau akhirnya kita yg ngalah kirim doreng tersebut dengan harga doreng
Klo bapak nakal, pasti cm diangguk2in saja itu orang dan kita punya untung lbh krn pakai harga kw1

Prinsipnya *mahal dikit tidak masalah yang penting kita jual barang yang benar bagus dan jujur tentang kualitas barangnya sama konsumen*
Ketika dapat laba usahapun bapak dan ibu lgs membeli peralatan pabrik, truk dst. Suatu ilmu yg sangat penting dlm usaha. Bahkan inti usaha ada disini menurut sy. Banyak sekali sy ketemu dgn orang   yg sangat pintar menjual tp pd endingnya usahanya tdk berkembang krn terjebak dgn life style dkk nya. Apakah cukup segitu modal supaya usaha kita kuat dan besar?
Tentu tidak
Semenjak sy bergabung dgn komunitas bisnis lain jg,  banyak pemahaman2 baru sy dapat. Ternyata banyak hal yg sy lupakan atau sy anggap enteng.

Seperti perlunya selalu ada mentor bisnis, mentor spiritual, team  yg kuat (baik pegawai atau supplier), keluarga yg mendukung, jamaah (teman2 yg sevisi). Dan tentu pondasi plg dasarnya yaitu TAUHID. Ternyata skill bisnis sy jauh sangat kecil dibanding voluntary coach disana. Semuanya betul2 sangat berpengaruh terutama ketika perusahaan kita semakin besar. Tdk terhitung jumlahnya pengusaha besar harus jatuh krn tidak kuat dlm hal tersebut diatas.
Demikian materi dr sy teman2 semua yg sy hormati. mdh2an bs menjelaskan hal2 apa sajakah yg harus kita pelajari spy bisnis kita kuat dan bermanfaat. Apakah skill tersebut diatas harus kita kuasai sekarang? Tidak juga, krn kita bisa belajar step by step. Yang penting arah kita menuju kesana.

T: Terkait pondasi bisnis, untuk orang yang benar2 baru mau mulai usaha atau baru mulai memproduksi, apa yg paling penting utk disiapkan/dikuatkan pak?
J: Yg perlu disiapkan tentu tauhid, krn ini pondasi segalanya
kemudian jiwa pelayanannya krn pd prinsipnya kita dapat uang y dr memberikan solusi bagi kebutuhan orang, membuat orang senang ( dgn cara yg benar tentunya) dst.

T: Apakah produk baru harus selalu membawa nama/merk ketika akan dipasarkan pertama kali?
J: Menurut sy, untuk produk pertama kali adalah value nya. Contoh biji salak: rasanya enak gan, aman gan, bermanfaat gan, harganya sesuai pasar yg kita tuju gan, pasckingnya bagaimana, ada kemudahan bagi orang membeli gan dst, menangnya kita dgn kompetitor apa dst.. Kalau sdh benar2 kuat barulah kita menuju branding.

T: Nah utk bagian penonjolan value nya bagaimana pak? Masih binggung seputar itu. Produksi yg sy jual bermanfaat untuk obat asam urat, hipertensi dan kolestrol. Rata-rata seminggu setelah konsumsi sudah terlihat perbedaannya. Penelitian terakhir dr dosen TP Undip jg bisa utk diapet. Utk data pasti belum ada, dan pemasaran dengan pembelian 100 kurang lebih repeat order 70 orang.
J: Dari pertanyaan anda, terjawab dari kira2 orang mau beli produk anda kenapa?dan kenapa harus beli produk anda? Dan kenapa pula beli nya harus sama anda?dari 100 orang yg beli produk anda, yg beli lg ada berapa? Nah, jikalau produk anda yang 30 sembuh sempurna berarti bagus. Sudah tidak terkendala namanya pemasaran.

T: masih binggung terkait personal setting, solving problem, cashflow dll.. dan membuat tim bisnis. Usaha sy sama suami, sedangkan suami bagian antar pesanan tdk faham tentang online krn sering berkutat pada urusan tani jd fahamnya telp dan sms. Apa yg harus sy lakukan supaya bs berkembang baik online dan offline?
J: 
Personal goal setting : dr awal kuliah sy sudah paham harus kemana. apa yg harus diraih. kenapa harus diraih. apa akibatnya klo nda kita raih.

Solving problem: cara kita menyelesaikan masalah. Ada bahan baku yg kurang bagaimana cara nambahnya, kekurangan modal bagaimana cara ngatasinya
Kekurangan orang: bagaimana cara nyari orang, bagaimana cara nglatihnya, bagaimana spy loyal dst
Cashflow: ketika jualan kita sdh laku, uangnya harus kita apakan spy usaha kita terus tumbuh dan berkembang. Ibu dan bapak sy klo punya uang hasilnya ga buat beli mobil mewah, pergi ke luar negeri dst tp buat beli mesin2 dan alat produksi lainnya. Yang terpenting benar2 bermanfaat.
T: Untuk yg baru mengeluarkan produk, cara apa yg paling efektif utk menunjukkan value produk kita ke calon konsumen?
J: Cari sekiranya pasar yg memang sangat membutuhkan produk kita. Kemudian komunikasikan (bs dgn brosur, iklan, online dst). Dan jika menggunakan endorse tidak masalah itu bagian teknik marketingnya. Yang terpenting pasarnya pas dan pastikan terukur..

T: Kebetulan keluarga pny usaha makanan tradisional, tapi selama 35th berjalannya sebatas pesanan sj, klo tak ada pesanan ya tdk buat. Langkah pertama apa yang harus dilakukan sebagai penerus nya utk melebarkan sayap bisnis keluarga?
J:Perkuat valuenya, cari dan tembus pasarnya. 

Terima kasih dan mohon maaf jawaban sy bersifat umum krn ada keterbatasan, berbeda ketika di forum offline
Tp mudah2an bermanfaat buat semuanya.

Sumber:

RESUME_KJM
Senin(10/10/'16)|20.04-23.57wib
*oleh bapak Awam Pribadi*

0 komentar:

Posting Komentar