Home » » TIPS BISNIS DARI OWNER CARICA GEMILANG WONOSOBO

TIPS BISNIS DARI OWNER CARICA GEMILANG WONOSOBO

RESUME_KJM
Ahad, 18/9/'16|8pm-21.30pm
Alfha Gemilang (owner caricagemilang.com)
carica gemilang, wonosobo, buah khas wonosobo, dieng, tips bisnis, tips sukses bisnis, tips mengelola bisnis
Salam gemilang buat sodara juragan muda se Indonesia Raya. Buat malam ini, perkenankan sy berbagi sdikit cerita ttg perjalanan bisnis sy, yg nantinya akan sy share beberapa tips imut dlm berbisnis.

Perkenalkan nama saya alfha gemilang, pemuda bujang berusia 26 tahun . Asli wonosobo, dan asli orang kampung juga.
Saat ini saya masih belajat buat jadi sales sirup buah carica, sirup ini khas banget dari dataran tinggi dieng, wonosobo, masuknya jawa tengah. Mulai merintis usaha ini dari desember 2013 belum juga genap 3 tahun.
Tapi, memang sebelum usaha ini sempat beberapa kali nyoba usaha lain dan alhamdulillah gagal dgn tampan semua. Tapi, dlm 3 tahun tersebut alhamdulillah kami sudah bisa menjadi salah satu produsen carica yg namanya cukup diperhitungkan di wonosobo. Jadi, awal usaha dulu bener-bener dari nol. Gak tahu cara pengolahan carica, gak tahu pemasaran, gak tahu cara bikin jaringan, dll.. Hanya saja, sedari awal memang punya target yg sy kebut sampe tercapai. Salah satu target awal ketika usaha adalah *dalam satu tahun menjadi produsen carica terlaris di wonosobo*. Dan alhamdulillah, di lebaran tahun 2015 hampir semua toko oleh2 di wonosobo kompak serempak jawab ketika ditanya, "mas, carica yg paling enak yg mana mas?", Dan mereka jawab *ini mas yg carica gemilang*
Padahal setahun setengah sebelumnya, nggak ada yg kenal carica gemilang sama sekali. Kapasitas produksi pun meningkat terus, dari yg tadinya 20kg per hari dgn 1 karyawan. Kemarin lebaran sampai 1ton/hr dgn 40 karyawan+10 karyawan lepas. Nah ada yg penasaran dgn apa sih yg sy lakuin dlm setahun setengah nggak?
So, dlm jualan strategi itu mencakup beberapa aspek yakni marketing mix 6P.  Tapi, kembali di awal sy share sedikit tips imutnya. Nah, qt fokus dibahasan  *produk*
Apa yg saya lakuin dengan produk kami? Bs search di caricagemilang.com .  Kebetulan bisnis yg sy geluti saat ini adalah ttg pembuatan produk,  jd akan lebih mudah ambil contohnya.
Dari awal saya usaha ini, udah saya tanamkan bahwa saya harus membawa bendera yang kuat, jadi ketika kemana2 yang saya angkat adalah bendera itu. Dalam bahasa bisnis, ilmu tentang mbawa bendera dari produk biasa disebut dengan *branding* .Pengertian tntg branding bisa google in sendiri ya.Tak lanjut ke pengalaman yg saya lakuin aja. Ehmm, ada *6 point* yang bisa saya rangkum dari pengalaman bisnis yang saya jalani. Tak share pointnya dulu ya temen2, karena kelamaan klo dijelasin satu2.
1⃣  Kalau mau kuat branding kita, ya kita kudu tawarin brand kita jg. Jadi, dlm kasus sy, sy nggak sekedar jual sirup carica tp klo nawarin carica ya harus carica gemilang. Pokoknya *carica gemilang*.
2⃣ Nah, kembali ke hubungan dgn logo dan desain kemasan, karena kemasan yg menarik adl SPG gratisan yg siap2 buat ngerayu calon konsumen di atas rak sebuah toko.
3⃣ Point ini, semakin kita punya hal unik yg diangkat dan beda dgn produk lain, semakin mudah kita menarik konsumen. Misalnya, odol, sensodent identik dgn gigi sensitif, close up identik dgn senyuman anak muda, pepsodent identik dgn pasta gigi keluarga. So, mereka walau sama2 odol dan mgkin ramuane yo itu2 aja, tp mereka pny segmen pasar sendiri.
4⃣ Jadi juragan, kalau mau jualan, bikin tuh konsumen punya seribu alasan utk tetap memilih produk kita, dr ratusan kompetitor lainnya. Misalnya motor harley davidson, mau mahal, bensin boros, aksesoris mahal, tp tetap aja laku krn orang yg beli motor tp jg dpet komunitasnya, prestige nya, dll..
5⃣ Jadi, jualan ga mulu dgn langsung nawarin barang. Tapi, kita harus dgn cara halus, misal dgn promo di event2 tertentu jd sponsor. Bikin kegiatan di luar, kita lgs jual produk, sehingga nanti konsumen akan dgn ikhlas milih produk kita.
Itulah 5 point buat ngangkat branding. Dan point yg paling penting adalah *ISTIQOMAH*
Tanpa istiqomah buat perjuangin branding kita, 5 point sebelumnya hanyalah *zonk* belaka.
🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔
T : Bagaimana cara meriset produk kompetitor kita. Misal produk A segmennya siapa? B siapa? Dll
J: Tdk perlu dipusingkan, hanya saja kita harus lebih jeli. Dan nggak perlu pusing2 dgn segmen kompetitor, cukup kita kasih sedikit pembeda dgn kompetitor aja dah bs angkat penjualan kita. Misal dlm kasus sy, sy cuma menekankan pada akronim *GEMILANG* : seger, Manis, Lezat dan Ngangeni. Trus sy ulang dgn jargon sy itu kepada toko yg menjual produk sy, jd di alam bawah sadar mereka nanti tertanam, "carica mana yg rasane seger, dan bikin kangen".
T: Menurut pengalaman mas alfha utk beri pendekatan emosi kepada calon konsumen kita supaya milih produk kita gimana? Mungkin bisa diberikan contoh berupa kata ajaib..
J: Contoh kasus, misal mikat emosi konsumen: bikin mereka percaya dengan produk kita, jadi sponsor salah satune, jadi ibaratnya logo produk kita ada dimacem2 kegiatan, iklan di media sosial, kerjasama dengan lsm, dll. Dari situ orang mesti nggak ragu dengan produk kita, karena sugestinya produk yang sampai dikenal dimana mana, mesti produk itu bagus.
Apalagi kyk inul aja makannya carica gemilang, jd kenapa kita kudu ragu buat mborong carica gemilang. Yang disasar adl emosi pembeli, krn sebenarnya dlm ambil keputusan membeli suatu produk 90% dr emosi, 10% dr logika.
T: Gimana cara bikin kemasan agar orang sekali lihat jatuh cinta pada produk kita?
J: Jadi ada dua cara buat bikin brand dan kemasan yang baik
1. Kamu berjuang dan belajar biar bikin ide sekreatif mungkin.
2. Kamu bayar orang yang bisa kreatif
Dalam kasus bikin brand dan logo produk saya, saya ambil kasus nomor 2. Bayar orang yang memang "ahli" di desain logo. Nggak sekedar tukang desain di percetakan..
Repotnya UKM tuh itu, gak mau berpikir kreatif, dan gak mau kluarin biaya buat bayar orang kreatif. Akhirnya ya gitu deh.
👥🗣👥🗣👥🗣👥🗣👥
🤓CS: Lihat status IG sy *Alfha Gemilang* 🤓

0 komentar:

Posting Komentar