Home » » MUDIK PENUH PAHALA

MUDIK PENUH PAHALA

Pulang Kampung dihitung sedekah… biayanya jadi sedekah. Cakep ga tuh?

Kapan pulang kampung dihitung jadi sedekah??

Yang pertama, jika diawali dengan Bismillah, niat karena Allah. Penting ini niat karena Allah, sebab tidak jarang orang pulang kampung karena pengen nunjukin udah berhasil. Hati-hati lho.. kalau bener terbesit niatan begitu, pas pulang lagi ke Jakarta, bisa diabisin sama Allah.
Niat karena Allah ini mungkin masih abstrak buat sebagian orang. “Maksudnya gimana nih, Ustadz? Niat karena Allah penjabaranya gimana??”
Semua yang baik-baik terjadi karena Allah, InsyaAllah. Contoh, pengen pulang kampung karena pengen silaturrahim sama orang tua, silaturahim sama kerabat, sama guru. Atau misalnya niat pulang kampung sambil bangun mushalla, pulang kampung bawa mesin air buat mushalla. Semua yang baik-baik, Bismillah karena Allah.
mudik penuh pahala, mengutamakan sholat saat mudik, tol macet
Yang kedua, kapan pulang kampung dihitung jadi sedekah yaitu kalau dicarinya lewat jalan yang halal. Kita senengin orang di kampung dengan harta haram, padahal bisa nyusahin kelak.
Syarat yang ketiga, perhatikan ibadah. Terutama solat lima waktu. Jadi, jangan sampe ditinggal. Ini perkara serius… banyak sekali orang pulang kampung di kampungnya ga solat, diperjalanan ga solat.
Mungkin karena tidak tahu solat itu kan bisa dalam keadaan apa saja. Pas istirahat, sholatnya bisa dikumpulin di awal namanya jama’ taqdim atau dikumpulin di akhir namanya jama’ takhir.
Salam, Ust Yusuf Mansur dalam buku Pulang Kampung

0 komentar:

Posting Komentar